Friday, July 22, 2011

soal RPL Bab 8-14

BAB 8
1.Gordon dan Bieman(1995) menemukan bahwa keuntungan penggunaan prototype pada proses perangkat lunak adalah kecuali;
a.Kegunaan sistem yg lbih baik
b.Kesesuaian sistem yg lbih dekat dengan kebutuhan user
c.Kualitas design yang lebih baik
d.Keterpeliharaan yang lebih baik
e.*Keamanan suatu sistem
2.Menurut Ince dan Hekmatpour prototype juga dapat digunakan untuk tujuan2 lain yaitu..
a.*Pengujian sistem dan pelatihan user
b.Sistem pengujian dan pelatihan user
c.Usaha pengembangan yang lebih ringan
d.Keguanaan sistem yang lebih baik
e.Kualitas design yang lebih baik

3.Prototype perangkat lunak mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan antara lain adalah..
a.*Elisitas persyaratan dan validasi persyaratan
b.Elastic persyaratan dan validasi persyaratan
c.Validasi persyaratan
d.Elastic persyaratan
e.Elisitas persyaratan

4.Keuntungan lain yang bias di dapat dari pengembangan prototype adalah…
a.*Prototype dapat di gunakan sebagai dasar penulisan spesifikasi untuk sistem kualitas produksi
b.Dapat digunakan sebagai pengembanga sistem
c.Prototype dapat dignakan sebagai spesifikasi sistem
d.Sebagai elisitas sistem
e.sebagai validasi sistem

5.jika sistem yang sudah berumur panjang maka akan dilakukan perbaikan,tiga masalah utama dengan pembuatan prototype evolusioner yang sangat penting adalah…
a.*masalah manajemen
b.masalah user
c.masalah sistem
d.masalah designer
e.masalah operassi

6.bahasa pemrograman yang mencakup fasilitas manajemen data ru time yang sangat ampuh merupakan…
a.*bahasa tingkat tinggi dinamis
b.bahasa tingkat tinggi statis
c.bahasa tingkat tinggi
d.bahasa pengembangan tingkat rendah
e.pengembangan tingkat tinggi

7.jika kita ingin membuat prototype,maka kita akan menanyakan beberapa pertanyaan,antara lain adalah..
a.*apa domain aplikasi masalah tersebut?
b.Apa masalah yang timbul?
c.Apa itu pengertian prototype?
d.Apa domain aplikasinnya?
e.Apa apilkasi dari sistem tersebut?

8.Pengembangan prototype dengan pemakaian ulang dapat ditunjang pada dua tingkat,salah satunya adalah..
a.*Tingkat aplikasi
b.Tingkat keamanan
c.Tingkat kualitas
d.Tingkat keampuhan
e.Tingkat kredibilitas

9.Alat bantu yang tercakup dalam lingkungan 4GL adalah kecuali…
a.Bahasa query yaitu SQL
b.Geneator inrface
c.Spereadsheet
d.Generator laporan
e.*Generator form

10.Diabawah ini yang merupakan salaha satu yang akan disediakan dalam sistem pembuatan layar adalah..
a.Penghunbungan field
b.*Penghubungan form interaktif
c.Penghubungan interaktif
d.Penghubungan non interkatif
e.Penghubungan non field

11.Ada tiga tekhnik pengembangan cepat praktis untuk mengembangkan prototype dengan kekuatan industry salah satunya adalah…
a.*Pengembangan bahasa tingkat tinggi dinamik
b.Pengembangan bahasa tingkat tinggi static
c.Pengembangan bahasa tingkat tinggi non dinamik
d.Pengembangan bahasa tingkat tinggi non static
e.Bahasa tingkat tinggi

12.Tujuan pembuatan prototype evolusioner adalah…
a.*Menyarankan sistem yang dapat dipakai kepada end-user
b.Memvalidasi atau menurunkan persyaratan sistem
c.Penyerahan sistem yang tercepat
d.Keterlibatan user dengan sistem
e.Proses spesifikasi

13.Tujuan pembuatan prototype throw-awayadalah…
a.Menyarankan sistem yang dapat dipakai kepada end-user
b.*Memvalidasi atau menurunkan persyaratan sistem
c.Penyerahan sistem yang tercepat
d.Keterlibatan user dengan sistem
e.Proses spesifikasi

14.Ada dua keuntungan utama untuk pemakaian pendekatan pengembangan perangkat lunak salah satunya adalah…
a.Menyarankan sistem yang dapat dipakai kepada end-user
b.Memvalidasi atau menurunkan persyaratan sistem
c.*Penyerahan sistem yang tercepat
d.Sistem dikembangkan dalam serangkaian bagian
e.Proses spesifikasi

15.Untuk apa prototype di kembangkan?
a.untuk member end kesan yang menarik
b.untuk memberikan user kesan yang bias di pakai
c.untuk memberikan user dan end kesan
d.untuk memberikan end-user kesan yang mendalam
e.*untuk memberikan end-user kesan yang konkrit mengenai kemampuan siste.


BAB 9
1.Pada abad-21,sebagian besar perangkat lunak akan di kembangkan dengan memakai metode formal,namun ramalan ini belum terbukti,dikarenakan beberapa alas an kecuali…
a.Rekayasa perangkat lunak yang berhasil
b.Perubahan besar
c.Lingkup yang terbatas dari metode formal
d.*Skala metode formal yang tidak terbatas
e.Skala metode formal yang terbatas

2.Ada dua pendekatan terhadap spesifikasi formal yang dipakai untuk menuliskan spesifikasi detil sistem perangkat lunak yang tidak mudah salah satunya adalah…
a.*Pendekatan aljabar
b.Pendekatan berbasis kompetenti
c.Pendekatan berbasis informasi
d.Pendekatan sistem semu
e.Pendekatan kuartal

3.Struktur spesifokasi aljabar memiliki empat komponen antara lain..kecuali..
a.Pendahuluan
b.Bagian deskripsi
c.Bagian signature
d.Bagian eksioma
e.*Bagian penutup

4.Proses pengembangan spesifikasi formal interface subsistem harus mencakup kegiatan2..yg termasuk kegiatan tersebut adalah,kecuali..
a.Perstrukturan spesifikasi
b.Penamaan spesifikasi
c.Pemeliharaan spesifikasi
d.Spesifikasi operasi informal
e.*Operasional sistem

5.Operasi pada tipe data abstract biasanya dikelompokkan dalam dua kelas..salah satunya adalah..
a.*operasi konstruktor
b.operasi data
c.operasi sistem
d.operasi intrinsic
e.operasi informal

6.pada sistem praktis ada operasi jauh lbih banyak dan kondisi keselamatan yg lebih komplek yg berhubungan dengan jarak horizontal pesawat,operasi kritis pada objek adalah…kecuali..
a.enter
b.leave
c.*create
d.Move
e.Lookup

7.Akan lebih mudah menspesifikasi operasi2 ini jika operasi2 interface lain didefenisikan operasi tersebut adalah..salah satunya…
a.Operasi konstuktor
b.Operasi inspeksi
c.Operasi lookup
d.Operasi sistem
e.*In-space

8.Akan lebih mudah menspesifikasi operasi2 ini jika operasi2 interface lain didefenisikan operasi tersebut adalah..kecuali..
a.*Operasi konstruktor
b.In-space
c.Create
d.Put
e.Occupied

9.pada sistem praktis ada operasi jauh lbih banyak dan kondisi keselamatan yg lebih komplek yg berhubungan dengan jarak horizontal pesawat,operasi kritis pada objek adalah…kecuali..
a.put
b.leave
c.create
d.Move
e.*A dan c salah

10.Akan lebih mudah menspesifikasi operasi2 ini jika operasi2 interface lain didefenisikan operasi tersebut adalah..…
a.occupied
b.Operasi inspeksi
c.Operasi lookup
d.In-space
e.*a dan d benar

11.Operasi pada tipe data abstract biasanya dikelompokkan dalam dua kelas..diantaranya adalah..
a.*operasi konstruksi dan operasi inspeksi
b.operasi data
c.operasi sistem
d.operasi intrinsic
e.operasi informal

12.Pada abad-21,sebagian besar perangkat lunak akan di kembangkan dengan memakai metode formal,namun ramalan ini belum terbukti,dikarenakan beberapa alas an kecuali…
a.Skala perangkat lunak
b.Perubahan besar
c.Lingkup yang terbatas dari metode formal
d.Skala metode formal yang tidak terbatas
e.*A dan d salah


13.Ada dua pendekatan terhadap spesifikasi formal yang dipakai untuk menuliskan spesifikasi detil sistem perangkat lunak yang tidak mudah salah satunya adalah…
a.Pendekatan aljabar
b.Pendekatan berbasis model
c.Pendekatan berbasis informasi
d.Pendekatan sistem semu
e.*A dan b benar

14.Struktur spesifokasi aljabar memiliki empat komponen antara lain..kecuali..
a.Bagian tengah
b.Bagian penutup
c.Bagian signature
d.Bagian eksioma
e.*a dan b salah
15.Proses pengembangan spesifikasi formal interface subsistem harus mencakup kegiatan2..yg termasuk kegiatan tersebut adalah,kecuali..
a.Operasional sistem
b.Penamaan spesifikasi
c.Operasi perangkat lunak
d.Spesifikasi operasi informal
e.*a dan c salah

BAB 11

1.di bawah ini yang tidak termasukkarakteristik yang penting dari system distribusi menurut colouris et al (1994) adalah;
a.pemakaian bersama sumber daya.
b.Keterbukaan
c.Toleransi kesalahan
d.Konkrurensi
e.Stabilitas

2.Segala sesuatu pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan ,salah satunya adalah system distribusu,di bawah ini yang merupakan kerugian dari system terdistribusi adalah…..

a.pemakaian bersama sumber daya.
b.skalabilitas
c.Toleransi kesalahan
d.transparansi
e.kompleksitas
3.di bawah ini yang merupakan kerugian dari system terdistribusi adalah kecuali…..
a.keamanan
b.kemampuan untuk dapat terkendali
c.tidak dapat diramalkan
d.dapat diramalkan
e.Kompleksitas

4.Tantangan bagi perancang system terdistribusi adalah merancang perangkat lunak dan perangkat keras untuk memberikan karakteristik system terdistribusi yang di inginkan dan,pada saat yang sama,meminimasi masalah bawaan system.untuk melakukan hal ini kita perlu…..
a.*Memahami kelebihan dan kelemahan arsitektur system terdistribusi
b.Memahami tentang system yang terdistribusi
c.Melakukan evaluasi terhadap system terdistribusi yang sudah dibuat
d.Merubah system yang terdistribusi yang suda ada
e.Melakuka penambahan system lain

5.sistem multiprosesor di mana sistem terdiri dari sejumlah proses yang dapat (tapi tidak mesti)berjalan pada beberapa prosesor yang terpisah merupakan..
a.pemahaman kelebihan dan kelemahan arsitektur system terdistribusi
b.Memahami tentang system yang terdistribusi
c.Melakukan evaluasi terhadap system terdistribusi yang sudah dibuat
d.Perubahan system yang terdistribusi yang suda ada
e.*Model sistem terdistribusi yang sederhana


Bab 12
1.Tahapan yang dipakai untuk perancangan berorientasi objek adalah, Kecuali :
A.Memahami dan mendefenisikan konteks dan mode penggunaan system
B.Merancang arsitektur system
C.Menguji penggunaan system
D.Mengidentifikasi objek utama system
E.Mengembangkan model design

2.Subsistem display data adalah:
A.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data
B.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan dan penyajian data dalam bentuk yang dapat dibaca manusia
C.Dimana objek berhubungan dengan pemeriksaan dan integrasi data yang terkumpul.
D.Dimana objek berhubungan dengan pengkuisisian data dari sumber jarak jauh
E.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data

3.Subsistem pengarsipan data adalah:
A.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data
B.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan dan penyajian data dalam bentuk yang dapat dibaca manusia
C.Dimana objek berhubungan dengan pemeriksaan dan integrasi data yang terkumpul.
D.Dimana objek berhubungan dengan pengkuisisian data dari sumber jarak jauh
E.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data

4.Subsistem pemrosesan data adalah:
A.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data
B.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan dan penyajian data dalam bentuk yang dapat dibaca manusia
C.Dimana objek berhubungan dengan pemeriksaan dan integrasi data yang terkumpul.
D.Dimana objek berhubungan dengan pengkuisisian data dari sumber jarak jauh
E.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data

5.Subsistem pengumpulan data adalah:
A.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data
B.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan dan penyajian data dalam bentuk yang dapat dibaca manusia
C.Dimana objek berhubungan dengan pemeriksaan dan integrasi data yang terkumpul.
D.Dimana objek berhubungan dengan pengkuisisian data dari sumber jarak jauh
E.Dimana objek berhubungan dengan penyimpanan data untuk pemrosesan penyimpanan data

6.Urutan Lapisan pada perangkat lunak adalah:
A.Lapisan interface, lapisan instrument, lapisan pengumpulan data
B.Lapisan interface, lapisan pengumpulan data, lapisan instrumen
C.lapisan pengumpulan data, Lapisan interface, lapisan instrumen
D.lapisan pengumpulan data, lapisan instrument, Lapisan interface,
E.lapisan instrumen , Lapisan interface, lapisan pengumpulan data,

7.berbagai proposal yang dibuat mengenai cara-cara pengidentifikasian kelas-kelas objek adalah, kecuali:
A.Gunakan analisis gramatikal dari deskripsi bahasa natural system
B.Gunakan entitas nyata pada domain aplikasi
C.Gunskan pendekatan perilaku dimana perancangan pertama-tama memahami perilaku system secara keseluruhan
D.Gunakan analisis berbasis scenario dimana berbagai scenario system diidentifikasikan dan dianalisis secara bergantian
E.A, B, C, dan D salah.

8.Tipe model design yang seharusnya dihasilkan untuk mendeskripsikan perancangan berorientasi oblek adalah:
A.Model subsistem, model rangkaian
B.Model subsisrem, model statis
C.Model statis, model dinamik
D.Model dinamik, model rangkaian
E.Model statis, model rangkaian

9.Cara perancangan perangkat lunak dimana komponen-komponen fundamental pada design merepresentasikan objek dengan status pribadinya sendiri dan operasi ketimbang fungsi.
Defenisi tersebut adalah definisi dari:
A.Perancangan perangkat lunak real-time
B.Perancangan dengan pemakaian ulang
C.Perancangan interface user
D.Perancangan beroriantasi objek
E.Perancangan perangkat lunak

BAB 13
1.Yang termasuk proses control sensor/actuator adalah, kecuali:
A.Sensor
B.Control sensor
C.Prosesor data
D.Control actuator
E.A, B, C, dan D Salah

2. Yang termasuk Tahapan-tahapan dalam perancangan system adalah:
A.Identifikasi stimuli yang harus diproses system dan respon yang sesuai
B.Integrasikan system dengan control eksekutif real-time
C.A dan B benar
D.A dan B salah
E.A, B, C, dan D benar

3.Masalah mendasar dengan java sebagai bahasa pemrograman real-time adalah, kecuali:
A.Tidak mungkin menspesifikasikan waktu dimsna thread harus berjalan
B.Koleksi sampah tidak dapat dikontrol
C.Tidak mungkin menemukan ukuran antrian yang berhubungan dengan sumber daya yang dipakai bersama
D.Tidak dapat memberikan informasi untuk menjadwalkan proses secara periodic
E.Bahasa ini tidak memungkinksn ruang run-time terinci atau analisis prosesor

4.Memberikan informasi untuk menjadwalkan proses secara periodic, adalah pengertian dari:
A.Clock real-time
B.Interrupt handler
C.Penjadwalan
D.Manajer sumber daya
E.Dispatcher

5.Menangani permintaan aperiodik untuk pelayanan, adalah pengertian dari:
A.Clock real-time
B.Interrupt handler
C.Penjadwalan
D.Manajer sumber daya
E.Dispatcher

6.Bertanggung jawab terhadap pemeriksaan proses yang dapat dijalankan dan memilih salah satunya untuk eksekusi. Adalah pengertian dari:
A.Clock real-time
B.Interrupt handler
C.Penjadwalan
D.Manajer sumber daya
E.Dispatcher

7.Komponen ini bertanggung jawab untuk memulai eksekusi suatu proses. Adalah pengertian dari:
A.Clock real-time
B.Interrupt handler
C.Penjadwalan
D.Manajer sumber daya
E.Dispatcher

8.Jika diberikan proses yang dijadwalkan untuk eksekusi, manajer sumberdaya mengalokasikan memory yang sesuai dan sumber-sumber daya proses. Adalah pengertian dari:
A.Clock real-time
B.Interrupt handler
C.Penjadwalan
D.Manajer sumber daya
E.Dispatcher

9.Eksekusi untuk sisrem real-time, harus dapat untuk menangani paling tidak dua tingkat prioritas untuk proses-proses system, yaitu:
A.Manager konfigurasi
B.Manager kerusakan
C.Tingkat interrupt
D.Tingkat clock
E.C dan D benar

10.Aksi eksekutif real-time yang dibutuhkan untuk memulai suatu proses adalah:
A.Semua salah
B.Memilih proses untuk dieksekusi
C.Mengalokasikan memory dan prosesor
D.Memulai eksekusi pada prosesor yang tersedia
E.B, C dan D benar

11.System perangkat lunak yang harus merespon event dalam waktu nyata. Adalah pengertian dari:
A.Perancangan perangkat lunak real-time
B.Perancangan dengan pemakaian ulang
C.Perancangan interface user
D.Perancangan beroriantasi objek
E.Perancangan perangkat lunak

12.Urutan aksi eksekusi real-time adalah:
A.manajer sumber daya- Penjadwalan-despatcher
B.Penjadwalan-manajer -despatcher- sumber daya
C.Penjadwalan-manajer sumber daya-despatcher
D.despatcher -Penjadwalan-manajer sumber daya
E.manajer sumber daya-despatcher- Penjadwalan

13.stimuli terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
A.interrupt handler
B.clock real-time
C.periodic
D.aperiodik
E.C dan D benar

14.Memilih proses untuk dieksekusi adalah bagian dari:
A.Penjadwalan
B.Manajer sumber daya
C.Dispatcher
D.A, B dan C benar
E.A,B dan C salah

15.Memulai eksekusi pada prosesor yang tersedia adalah bagian dari:
A.Penjadwalan
B.Manajer sumber daya
C.Dispatcher
D.A, B dan C benar
E.A,B dan C salah


BAB 14
1. Komponen-komponen perangkat lunak yang harus dispesifikasikan, dirancang, diimplementasi, dan divalidasi adalah kecuali:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

2. Komponen yang dipakai ulang, yang telah digunakan pada system yang telah berjalan, seharusnya lebih dapat diandalkan daripada komponen baru, adalah penjelasan dari:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

3. Jika suatu kkomponen telah ada ketidakpastian pemakaian biaya ulang menjadi lebih kecil daripada biaya pengembangan, adalah penjelasan dari:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

4. Spesialis aplikasi tidak melakukan pekerjaan yang sama pada berbagai proyek, tetapi mereka dapat mengembangkan komponen-komponen yang dapat dipakai ulang, adalah penjelasan dari:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

5. Komponene yang dipakai ulang dapat dikembangkan untuk pemakaian imlementasi menu sebagai interfaceuser, adalah penjelasan dari:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

6. Membawa system kepasar secepat mungkin sering kali lebih penting dari biaya pengembangan keseluruhan, adalah penjelasan dari:
A. Semua Salah
B. Keandalan bertambah
C. Risiko proses diperkecil
D. Pemakaian spesialis yang efektif
E. Pemenuhan standar

7. Berikut adalah pemakaian ulang berbasis generator adalah, kecuali:
A. Deskripsi aplikasi
B. Pemrosesan data bahasa
C. Generator program
D. Program yang dibangkitkan
E. Pengetahuan domain aplikasi


8. Salah satu Proses pemakaian ulang oportunistik adalah:
A. Spesifikasi Komponen
B. Deskripsi aplikasi
C. Pemrosesan data bahasa
D. Generator program
E. Program yang dibangkitkan

9. Salah satu karakteristik komponen yang menghasilkan kemampuan untuk dipakai ulang adalah:
A. Komponen harus merefleksikan abstraksi domain yang stabil
B. Tidak adanya control terhadap fungsionalitas dan kinerja
C. Masalah dan kemampuan antar operasi system
D. Tidak ada control terhadap evolusi system
E. Dukungan dari vendor

10. Langkah-langkah yang terdapat pada proses generic adalah:
A. Esilitasi persyaratan stakeholder
B. Negosisi ulang persyaratan
C. Adaptasi system yang sudah ada
D. Serahkan anggota kerabat yang baru
E. Semua benar

11. Yang merupakan pola observasi adalah:
A. Semua benar
B. Subject
C. Observer
D. Concrete subject
E. Observer state

12. Keuntungan pemakaian perangkat lunak adalah:
A. Keandalan bertambah
B. Pemenuhan standar
C. Resiko proses diperkecil
D. Pengembangan perangkat lunak lebih cepat
E. Semua benar

13. Abstraksi tinggkat tinggi yang mendokumentasikan solusi desain yang berhasil. Merupakan pengertian dari
A. Deskripsi
B. Deskripsi solusi
C. Deskripsi masalah
D. Deskripsi konsekuensi
E. Pola desain

14. Memisahkan tampilan status objek dari objek itu sendiri dan memungkinkan disediakannya tampilan alternative, adalah pengertian dari:
A. Deskripsi
B. Deskripsi solusi
C. Deskripsi masalah
D. Deskripsi konsekuensi
E. Pola desain

15. Perancangan dan pemakaian ulang melibatkan perancangan perangkat lunak disekitar contoh perancangan bagus yang tersedia yang melibatkan juga pemakaian komponen-komponen perangkat lunak. Definisi diatas merupakan definisi dari:
A. Perancangan perangkat lunak real-time
B. Perancangan dengan pemakaian ulang
C. Perancangan interface user
D. Perancangan beroriantasi objek
E. Perancangan perangkat lunak

Comments :

0 komentar to “soal RPL Bab 8-14”


Post a Comment